Temukan Ramadhan Terbaikmu

etre-positif

Kurang dari seminggu lagi kita akan menyambut bulan ramadhan penuh berkah. Apa rencanamu, sahabat SMI?

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan, apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu. Artinya, kesempatan kita nabung pahala tentu lebih besar dan akan sangat sayang sekali jika kita lewatkan begitu saja.

Ini dia kegiatan-kegiatan positif yang dapat kita lakukan ketika puasa ramadhan tiba.

  1. Puasa

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. (QS. Al Baqarah: 183).

Mau seperti apa puasa kita tahun ini sahabat SMI? Apakah akan sama seperti tahun lalu, atau lebih baik?

Jika hanya sekadar puasa menahan lapar dan haus semua orang pasti bisa dan mampu, apalagi letak geografis Indonesia yang strategis, membuat puasa di sini hanya berlangsung selama lebih kurang 12 jam.

Bisakah kita menemukan hakikat puasa sesungguhnya? Menahan pandangan kita dari hal-hal yang tidak baik, menahan telinga kita dari hal-hal yang buruk, menahan mulut kita dari omongan-omongan yang buruk dan bergunjing, menahan hati kita dari prasangka buruk, menahan semua anggota tubuh kita dari maksiat.

Jika semua bisa kita lakukan tentu saja akan menjadi pencapaian yang baik di ramadhan tahun ini.

  1. Baca Quran

Baca Quran itu gak pernah ada ruginya sahabat SMI. “Bagi saya, baca Quran berulang-ulang itu bener-bener bukan kesia-siaan. Bukan buang-buang waktu dan tenaga. Bukan. Tapi bagaikan menabung emas, menabung uang, yang bisa menggunung, maka baca Quran, gunung-gunung tabungan pahala dan kebaikannya lebih daripada gunung emas,” ujar Ustadz Yusuf Mansur.

Tidak hanya itu, satu huruf bisa diganjar 10 sampai 700 kali lipat pahala dan kebaikan. Bahkan hingga jumlah lipatan yang Allah saja yang tahu. Bayangkan, bila kita berulang-ulang membacanya, 8 sampai 20 kali per ayat, atau per baris, pahala dan kebaikannya tentu akan lebih banyak.

  1. Perbanyak Ibadah Sunnah

Salat lima waktu, puasa, dan ibadah wajib lainnya tentu saja tidak boleh kita lewatkan. Yang juga tidak kalah penting adalah menghidupkan ibadah-ibadah sunnah. Jangan sampai qobliyah badiyah sesempatnya, tahajud seadanya, dhuha seingatnya, tarawih terlewat, sehingga ibadah terlewat begitu saja.

  1. Ikut Kegiatan Sosial

Manfaatkan momen ramadhan untuk terus beramal sahabat SMI. Banyak cara yang bisa kita lakukan, seperti membagikan takjil kepada para pengguna jalan, membagikan makanan sahur kepada masyarakat yang tidak mampu, bakti sosial, dan lain-lain. Tentu saja semua dilakukan untuk

Begitu banyak manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan di bulan ramadhan, jangan sampai kita sia-siakan begitu saja. Mulai pasang target dan temukan ramadhan terbaikmu.

Sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *