Jauhi Sombong Apapun Bentuknya

mirror-wallpaper1

Salah satu sifat buruk yang harus kita hindari adalah sombong. Sifat sombong adalah ketika seseorang memandang dirinya lebih dari orang lain serta merasa dirinya sempurna. Dalam Alquran surat Luqman ayat 18, Allah SWT berfirman,

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18).

Allah SWT berfirman,

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23).

“Yang tau pasti sombong apa engga, cuma Allah. Tapi manusia dikasih rasa. Bila sudah menyentuh titik sombong, sebaiknya cepat merunduk,” kata Ustad Yusuf Mansur.

Ustadz Yusuf Mansur mengatakan kalau lawan orang sombong adalah Allah langsung. Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari sifat sombong apapun bentuknya.

“Ini edisi introspeksi diri. Dan semoga diri ini mau belajar, macem-macem kesombongan. Apalagi bila kesombongan udah berbalut kebodohan. Makin bahaya dan membahayakan,” tambahnya.

Banyak-banyak berlindung kepada Allah, katanya, agar diri tidak menjadi sombong, dan tidak dekat-dekat dengan orang sombong, kecuali bila menjadi kebaikan bagi orang tersebut.

sumber gambar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *